Query manipulasi pada mysql (update,delete,rename,modify, dan select)


Assalamualaikum Wr.Wb

Untuk post kali ini saya akan membagikan tugas yang ke 7 ,
seharus nya post 6 dulu sih karena post 7 yang lebih mudah jadi saya post duluan dan materi untuk post kali ini adalah tenang manipulasi data.

disini saya sudah memiliki sebuat tabel dengan nama buku, dimana tabel ini yang akan kita manipulasi.


Ok langsung saja untuk yang pertama saya akan melakukan manipulasi mengubah isi data dari tabel buku untuk query nya menggunakan update.


Nah ini dia data yang sudah saya update yaitu pada colom judul buku saya mengubah dari judul "bahagia" menjadi "bahagia dengan mu". 

Kita lanjutkan manipulasi nya yang tadi kan kita mengubah isi data dalam colom sekarnag kita ubah nama kolom nya . perhatikan gambar di bawah 

Disitu terdapat 2 Query yaitu query ok dan query error
kenapa query nya bisa error padahal struktur penulisan nya sama kaya query ok dan ternyata penyebab nya "colom yang berelasi tidak bisa kita ubah namanya"

Oke kita lanjut lagi manipulasi nya.
yaitu mengubah ukuran type data disini saya mengubah ukuran tipe data dari judul_buku yang tadi nya 30 jadi 50


Masih tentang ubah mengubah disini yang akan saya ubah adalah nama tabel nya sendiri 
perhatikan aja gambar nya



Sekarang coba query manipulasi untuk menghapus isi data dalam colom



Masih tentang hapus menghapus yang tadi di hapus adalah isi coloumn sekarang yang kita hapus adalah kolom nya langsung perhatikan aja.


itu semua adalah query manipulasi sebenarnya masih banyak lagi tp itu yang harus paham
dah selesai query untuk menhapus tabel tidak dulu karena masih du gunakan pada tugas selanjut nya wkwkwkkw

SELAMAT BELAJAR

Postingan terkait:

7 Tanggapan untuk "Query manipulasi pada mysql (update,delete,rename,modify, dan select)"